Mencari Pengetahuan di Wiki

Mencari Pengetahuan di Wiki
Wikipedia
       Keterampilan dalam mencari pengetahuan di Wikipedia akan sangat membantu dalam belajar dan menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kita di sekolah. Pada kesempatan ini mari kita mencari pengetahuan tentang Sejarah Indonesia di Wikipedia berbahasa Indonesia.

       Cobalah mencari tulisan, informasi atau pengetahuan tentang “Sejarah Nusantara” atau “Sejarah Indonesia”. Setelah membaca tentang sejarah di Wikipedia, buat tulisan pendek sekitar dua (2) paragraf tentang raja atau pahlawan yang kamu sukai. Terutama ceritakan mengapa pahlawan tersebut menjadi favorit mu?

Jawab:

Untuk mencari tentang Sejarah Nusantara atau Sejarah Indonesia sangat mudah sekali melalui Wikipedia bahasa Indonesia pada alamat http://id.wikipedia.org. Kita dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan memasuka kata kunci “Sejarah Nusantara” atau “Sejarah Indonesia” pada kolom kata kunci yang tersedia seperti di tampilkan pada Gambar 6.3. Mencari Informasi Tentang Sejarah Nusantara di Wikipedia


Mencari Informasi Tentang Sejarah Nusantara di Wikipedia
Melalui wikipedia kita dapat memperoleh informasi tentang berbagai kejadian sejarah di masa lalu sebelum Indonesia merdeka maupun sejarah sesudah Indonesia. Ada banyak raja, kerajaan maupun pahlawan yang berperan di bumi Indonesia. Sebagian besar dari nama-nama dan latar belakang para raja dan pahlawan yang ada dapat di baca di Wikipedia.

Tentunya ada cara lain untuk memperoleh kisah para pahlawan atau orang-orang yang sangat berpengaruh di negara Indonesia. Beberapa kata kunci yang akan memperlihatkan daftar pahlawan atau orang penting di Indonedia atau nusantara antara lain adalah
Pahlawan Nasional Indonesia
Tokoh Indonesia


Melalui kata kunci di atas, kita akan memperoleh ratusan tokoh maupun pahlawan Indonesia. Melalui berbagai kisah perjuangan para tokoh maupun para pahlawan Indonesia, kita dapat belajar banyak akan kiprah mereka dalam membangun apa yang kita nikmati hari ini. Bacalah dengan santai kisah-kisah para pahlawan dan tokoh Indonesia tersebut. Ceritakan dalam dua (2) paragraf pahlawan yang paling kau sukai. Mengapa pahlawan atau tokoh tersebut demikian memikatmu? Memang kadang kala apa yang tersedia di Wikipedia tidak terlalu lengkap, kita harus melakukan explorasi lebih jauh menggunakan Google atau membaca berbagai literatur di perpustakaan atau di toko buku. Dengan keterbatasan yang ada di Wikipedia sebetulnya cukup banyak informasi yang dapat kita peroleh tentang beberapa tokoh atau pahlawan penting di Indonesia.
Latest
Previous
Next Post »